Rabu, 23 Februari 2011

cara merawat bass

Gitar bass yang bersig dari debu dan kinclong serta senar tanpa karat tentunya lebih nyaman dimainkan daripada gitar yang kotor, berdebu dan senar karatan,jangankan memainkannya, melihatnya aja udah males. So, gimana biar bitar bass yang kia punya bisa nyaman dipakai dan enak dilihat ??? dengan perawatan gitar pastinya…

Perawatan gitar sebenarnya tidak terlalu rumit dan sama sekali tidak mahal, mungkin yang agak susah adalah menyingkirkan rasa malas.

Langsung aja , dibawah ini ada beberapa tips merawat bass :
1. Bersihkan senar minimal 3 minggu sekali dengan mengunakan kain halus untuk menghindari karatan, biasanya karat pada senar timbul karena adanya keringat yang menempel pada senar.
2. Untuk hasil yang maksimal untuk membersihkan senar bisa dipakai cairan khusus pembersih senar (bisa dibeli di toko alat2 musik)
3. Bersih kan body gitar menggunakan kain halus dan untuk membersihakan debu2 pada fret atau bagian yang susah dijangkau bisa menggunakan kuas cat
4. Meletakan gitar dengan posisi telentang dengan neck gitar menghadap keatas.  Meletakan gitar dengan  berdiri denan posisi neck menempel didinding akan membuat ncek bengkok seecara perlahan-lahan.
5. Jika gitar lama gak dipake sebaiknya senarnya dikendurkan biar necknya gak cepet bengkok.
6. Kalau Senar sudah karatan sebaiknya segera diganti biar suaranya enak dan gak sakit kalo dimainin.
7. Biasakan ganti senar satu set, tapi kalo yang putus cuma satu, usahakan gani senar yang sejenis agar suaranya tetep nyambung dengan senar yang lain.
8. Simpan gitar ditempat yang kering dan tidak lembab dan jika gitar dibawa kemana2 sebaiknya empatkan pada softcase atau lebih bagus lagi hardcase untuk menghindari goncangan, benturan dll.

semoga bermanfaat :)

1 komentar: